Monday 13 March 2017

HOLI FESTIVAL, KEMENANGAN MELAWAN KEJAHATAN

artikel789.com - Hari ini, pada 13 Maret 2017, Google Doodle ikut merayakan Holi Festival, yaitu festival musim semi bagi Umat Hindu
Kata google, "Today, the Google letters are taking on a fresh set of colors in honor of the Holi festival, coinciding with the arrival of spring, the vibrant celebration looks a lot like the Doodle: people run around happily covering each other in a rainbow of powdery hues.” Hari ini, Google ditulis dengan warna-warna yang menyegarkan untuk menghormati Holi Festival, yang bertepatan dengan datangnya musim semi, perayaan terlihat hidup seperti Doodle: orang-orang sekitarnya berbahagia seperti dalam warna pelangi.
Festival ini dimulai dari India dan Nepal, sejak itu menyebar ke seluruh penjuru dunia. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang Holi Festival ini:
1. Holi Festival adalah merayakan kemenangan kebaikan melawan kejahatan. Menurut India.com, festival ini juga bisa disebut dengan "Festival of Colors" dan "Festival of Love"
2. Sebelum menghabiskan waktu dengan keluarga mereka, orang-orang saling melemparkan tepung dan air berwarna-warni di jalanan
Selama perayaan Holi Festival, orang-orang saling melempar bubuk dan air berwarna-warni ke semua orang dengan perasaan gembira. Seperti halnya liburan lainnya, Holi Festival adalah tentang menghabiskan waktu dengan orang yang dicintainya.3. Festival ini dimulai dengan pembakaran Holika, Sang Iblis. Menurut tradisi Hindu, api unggun digunakan untuk merayakan kematian Holika, dalam cerita Holi:"Pernah ada Raja Setan yang bernama Hiranyakashyap yang menang atas kerajaan bumi. Dia begitu egois dengan memerintahkan semua orang di kerajaannya untuk menyembah kepadanya. Namun yang terjadi, anaknya, Prahlad adalah pemuja setia Dewa Naarayana dan menolak untuk menyembah ayahnya.
Hiranyakashyap mencoba beberapa cara untuk membunuh anaknya, Prahlad, akan tetapi Dewa Wismu selalu menyelamatkannya. Akhirnya, Hiranyakashsyap meminta bantuan kakak perempuannya, Holika, untuk memangku Prahlad masuk ke dalam api yang menyala. Hiranyakashyap tahu jika Holika kebal terhadap api.
Dengan duduk di atas bara api, Prahlad muda dibujuk Holika untuk duduk dipangkuannya. Legenda menceritakan bahwa Holika harus membayar mahal keinginan jahatnya dengan nyawanya. Holika tidak menyadari, bahwa anugerah yang diberikan kepadanya hanyalah ketika ia memasuki api sendiri saja.
Prahlad yang terus menerus meneriakkan nama Dewa Naarayana tidak terluka sedikitpun, karena Dewa memberkati Prahlad atas pengabdiannya.
Dengan demikian, Holika dinisbatkan namanya untuk Holi Festival. Dan dirayakan untuk mengenang kemenangan kebaikan melawan kejahatan. Holi Festival bisa juga berarti kemenangan untuk pecinta. Legenda menceritakan bahwa siapapun, bagaimanapun kuatnya, tidak akan bisa melukai pecinta sejati. Dan siapa saja yang berani menyiksa pecinta Dewa sejati akan menjadi abu.
4. Holi Festival dirayakan di waktu musim semi Equinox (ketika matahari melewati khatulistiwa), biasanya terjadi pada bulan Maret, namun terkadang  pada bulan Februari. Tanggal perayaan Holi berubah tiap tahunnya, karena didasarkan pada kalender Bulan. Pada kalender Gregorian, Holi Festival terjadi pada bulan Maret atau di akhir bulan Februari sehari sebelum bulan purnama. Pada tahun ini, 2017, bertepatan pada tanggal 12 dan 13 Maret.
5. Saat ini Holi Festival tersebar hampir di seluruh dunia.

Happy Holi Festival for My Friend,
.
Om Swastiastu


Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.