Tuesday 25 November 2014

ASPEK ISLAM DALAM SASTRA JAWA



Hingga kini belum ada kesepakatan diantara para ahli mengenai awal masuknya Islam ke Jawa. Ada teori yang berkisar pada 2 persoalan, yaitu kapan masuknya Islam dan dari mana datangnya.
Hubungannya dengan asal-usul dan rute masuknya Islam ke Jawa terdapat juga teori yang berbeda satu sama lain, yaitu:
1.      Islam masuk ke Jawa berasal dari Arab secara langsung
2.      Islam masuk ke wilayah Jawa melalui jalur India
3.      Masuknya Islam ke Jawa melalui Kamboja
4.      Islam masuk ke wilayah Jawa berasal dari Cina
5.      Pandangan lain Islam dari para guru sufi yang dalam perjalanan mereka ke wilayah Nusantara.
Masalah lain yang tak kalah penting adalah proses inkulturasi, dimana elemen-elemen Islam sangat menonjol dalam kebudayaan lokal. Elemen tersebut terlihat jelas pada dunia sastra Jawa yang memberi inspirasi bagi falsafah hidup gaya kejawen.
Islam dan Sastra Jawa Pesisiran
Sastra pesisiran sebagai bagian dari sastra Jawa memiliki kaitan erat dengan proses perkembangan kehidupan keagamaan, karena pada dasarnya kehidupan sehari-hari masyarakat tak dapat dilepaskan dari kerangka agama. Ia biasanya diidentifikasi sebagai karya sastra yang berkaitan erat dengan proses Islamisasi Jawa yang memakan waktu cukup lama serta berlangsung dengan damai.
Sastra Pedalaman yang Bercorak Mistik
Dalam konteks mistik, kebudayaan Jawa pedalaman memiliki sifat receptive atas tradisi mistik yang berasal dari perkembangan keagamaan di Jawa. Kondisi ini didukung dengan adanya elemen-elemen tasawuf dalam naskah centini yang memperlihatkan bahwa unsur Islam yang dapat akomodatif dengan budaya pedalaman adalah tasawuf yang dekat dengan ajaran mistik.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.