Monday 24 November 2014

BANI UMAYYAH



Perluasan penaklukan yang dilakukan oleh umat Islam semata-mata bersifat Islam yang pada dasarnya adalah suatu tindakan pertahanan dari serangan pasukan romawi dan bermaksud untuk menyiarkan agama Islam.
Perkembangan agama Islam pada masa Umayyah ke Spanyol (front Barat)
Pada mulanya Spanyol dibawah pemerintahan Romawi sampai datang suku Vandal menaklukkannya. Kemudian pada tahun 507 bangsa Goth menyerang Spanyol dan mengalalahkan suku Vandal. Maka berdirilah kerajaan bangsa Goth di Spanyol.
Raja-raja bangsa Goth kejam kepada rakyatnya, terutama pada bangsa Yahudi. Pajak sangat tinggi, bermacam-macam upeti, perbedaan madzhab menyebabkan perkelahian. Bangsa Yahudi dikejar-kejar, kerajaan terpecah belah. Banyak sekali raja-raja baru yang mendirikan kerajaannya. Satu dengan yang lain saling berperang, rakyat menjadi korban.
Pada tahun 91 Hijriyah (710 M) raja yang sangat berkuasa di Spanyol bernama Rhoderik. Ia sangat lalim dan pemboros, rakyat sangat benci diantara pembesar yang tidak senang kepadanya Count Yuliant. Count Yuliant datang ke Maroko, minta bantuan kepada gubernur Musa bin Nusair untuk menghapuskan pemerintahan yang lalim dari raja Rhoderik.
Pada mulanya Musa mengirim Thariq bin Malik, usahanya yang dibantu oleh Count Yuliant sangat baik dan membawa kemenangan.
Kemudian Musa mengutus budaknya, Tariq bin Zaid. Tariq membawa pasukannya menyeberangi lautan, Tariq sampai suatu bukit yang terkenal dengan nama Jabal Thariq (Gibraltar) disini ia menambatkan 4 buah kapal, kemudian dibakar habis.
Penyerbuan dimulai, rakyat Spanyol membantu umat Islam. Count Yuliant menyediakan perbekalan dan menjadi petunjuk jalan satu persatu daerah dikuasai, dari kota ke kota lain ditaklukkan, dari benteng satu ke benteng lain dirobohkan. Tariq mendapat kemenangan yang besar, sejak inilah agama Islam berkembang di Spanyol. 


Sulomo, 1994, Sejarah Kebudayaan Islam, Semarang: CV. Wicaksana
Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.