Wednesday 26 November 2014

KAFA’AH (SEDERAJAT) DALAM PERKAWINAN



Perkawinan di dalam Islam merupakan suatu yang sakral yang mana Allah telah menciptakan manusia itu sendiri dari laki-laki dan perempuan, bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling litaarafu. Islam adalah agama yang fitrah yang condong pada kebenaran, Islam tidak membuat aturan tentang kafa’ah tetapi manusianyalah yang menetapkannya karena itulah mereka berbeda pendapat tentang hukum kafa’ah dan pelaksanaannya.
Diantara ulama ada yang merobek-robek baik disukai atau tidak disukai aturan ini karena mereka berpegangan pada firman Allah surat at-Taubah ayat 71, yaitu:
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاء بَعْضٍ
Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain”.

1.      Pengertian
Kufu’ berarti sama, sederajat, sepadan/sebanding dengan maksud isterinya, sama dalam kedudukan, sebanding dalam tingkat sosial dan sederajat dalam akhlak serta kekayaan. Tidaklah diragukan jika kedudukan antara laki-laki dan perempuan sebanding akan merupakan faktor kebahagiaan hidup suami istri dan lebih menjamin keselamatan perempuan dari kegagalan / kegoncangan rumah tangga.[1]
2.      Hukumnya
Pernikahan itu tetap sah menurut hukumnya, walaupun tidak sepadan / sebanding antara suami dan istri, hanya hak wali dan perempuan yang bersangkutan untuk mencari jodoh yang sepadan. Dengan arti bahwa keduanya boleh membatalkan akad nikah andaikata itu tidak berpadanan. Dan boleh pula keduanya menggugurkan haknya, keseimbangan/kesepadanan yang dimaksud disini, artinya yang dituntut oleh agama, meliputi beberapa perkara:
a.       Agama
b.      Kemerdekaan
c.       Iffad
d.      Keturunan (bangsa)
e.       Akhlak dan perangai yang baik
f.       Aib
g.      Umur.[2]
Islam adalah agama fitrah yang condong kepada kebenaran, Islam tidak menurut membuat aturan tentang kafa’ah tetapi manusia yang menetapkannya, karena itulah mereka berbeda pendapat tentang hukum kafa’ah dan pelaksanaannya, diantara ulama ada yang merobek-robek aturan ini, baik disukai / tidak, terutama sekali waktu seperti sekarang.
وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيراً
Kiranya Al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya”. (an-Nisa’: 82)
Ibnu Hazm pemuka madzhab zhahiriyah, yang dikenal sebagai mujtahid mutlak tidak mengakui adanya kafa’ah dalam perkawinan. Ia berkata “setiap muslim selama tidak melakukan zina boleh kawin dengan perempuan muslimah, siapapun orangnya asal bukan perempuan pezina”.
Semua orang Islam ada saudara. Tidaklah haram perkawinan seorang budak hitam dari Ethiopia dengan perempuan keturunan khalifah Hasyim. Seorang muslim yang kelewat fasik, asal tidak berzina adalah kufu bagi muslimah yang fasik asalkan perempuan itu tidak berzina, beralasan dengan firman Allah :
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ
Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara” (al-Hujurat : 10)
Firman Allah ini ditujukan untuk segenap kaum muslimin.
فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَاء
Kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi” (an-Nisa’: 3)
Allah SWT juga menjelaskan wanita-wanita yang haram kita kawin kemudian diterangkan pula:
وَأُحِلَّ لَكُم مَّا وَرَاء ذَلِكُمْ
Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian (mahrom)” (an-Nisa’ 24)
Rasulullah SAW pernah mengawinkan Zainab Ummul mukminin dengan Zaid bin Haritsah pelayan Rasul. Beliau juga pernah mengawinkan al-Miqdad dengan Dhiba’ah bin Zubair bin Abdul Muthalib. Ada orang yang berpendapat bahwa laki-laki fasik tidak boleh kawin kecuali dengan wanita fasik. Pendapat ini tidak benar, Allah berfirman:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ
Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara” (al-Hujurat : 10)
وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيراً
Kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya”. (an-Nisa’ 82)[3]
3.      Ukuran Kufu’
Segolongan ulama berpendapat bahwa soal kufu’ perlu diperhatikan, tetapi yang menjadi ukuran kufu’ ialah sikap hidup yang lurus dan sopan, bukan dengan ukuran keturunan, pekerjaan, kekayaan dan lain-lain. Jadi seorang laki-laki yang sholeh walaupun keturunannya rendah berhak untuk kawin dengan wanita yang berderajat tinggi, laki-laki yang mempunyai kesabaran apapun berhak kawin dengan wanita yang mempunyai kesabaran dan kemasyhuran. Bagi perempuan sholeh jika dikawinkan oleh bapaknya dengan laki-laki yang fasik kalau perempuannya masih gadis dan dipaksa oleh orang tuanya maka ia berhak untuk menuntut pembatalan.
Dalam Bidayatul Mujtahid, dalam madzhab Maliki tidak ada perbedaan pendapat jika seorang gadis dikawinkan oleh bapaknya dengan laki-laki peminum khamr atau laki-laki yang fasiq maka ia berhak untuk menolak perkawinannya, begitu pula jika ayahnya mengawinkan gadisnya dengan laki-laki yang penghasilan haram atau dengan laki-laki yang suka menjalani untuk perceraian, maka bagi perempuan tersebut berhak untuk membatalkan. Alasan golongan Maliki ini adalah:
 يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوباً وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu” (al-Hujurat: 13)
4.      Siapa yang Menentukan Ukuran ke-Kufu’an
Yang menentukan ukuran kufu’ itu adalah laki-laki dan bukan perempuan, laki-laki yang dikenai persyaratan itu hendaknya ia kufu’ dan setaraf dengan perempuannya, dan bukan sebaliknya, yaitu perempuannya yang harus kufu’ dengan laki-laki.
5.      Kufu’ kah bagi Perempuan dan Walinya
Kebanyakan ahli fiqih berpendapat bahwa kufu adalah hak bagi perempuan dan walinya. Jadi seorang wali tidak boleh mengawinkan perempuan dengan laki-laki yang tak kufu’ dengannya, kecuali dengan ridhanya dan ridha segenap walinya. Sebab mengawinkan perempuan dengan laki-laki yang tidak kufu’ berarti memberi aib kepada keluarganya. Karena itulah hukumnya tidak boleh kecuali para walinya ridha.
6.      Waktu Mengukur Kufu’
Kufu’ diukur ketika berlangsungnya akad nikah. Jika selesai akad nikah terjadi kekurangan-kekurangan, maka hal itu tidaklah mengganggu dan tidak dapat pula membatalkan apa yang sudah terjadi itu sedikitpun, serta tidak mempengaruhi hukum akad nikah. Karena syarat-syarat perkawinan hanya diukur ketika berlakunya akad nikah, jika pada waktu berlakunya akad nikah, suami pekerjaannya mulia dan mampu memberi nafkah istrinya atau orang yang shaleh, kemudian dibelakang hari terjadi perubahan, umpamanya pekerjaannya kasar atau tidak mampu lagi memberi nafkah, atau setelah kawin berbuat durhaka kepada Allah, maka akad nikahnya tetap sah seperti sebelumnya.[4]
7.      Pembagian Waktu
Masing-masing istri “bagi orang yang berbilang istri” hendaklah dipisah-pisahkan tempat kediaman mereka itu, masing-masing menempati sebuah rumah, rumah itu pun harus sama, kecuali kalau mereka sama-sama ridha dan ikhlas ditempatkan dalam sebuah rumah saja.
Pembagian waktu diantara istri-istri itu hendaklah sama dan betul dilakukan; baik yang mempunyai kediaman di dalam sebuah rumah maupun masing-masing berumah sendiri-sendiri.
Kalau kiranya seorang suami diam dalam sebuah rumah terpisah dari istrinya, hendaklah pertemuan suami dengan istri itu pun dilakukan dengan seadil-adilnya. Umpamanya bila seorang istri dipanggil ke rumahnya, maka yang lain pun hendaklah didatangi pula ke rumahnya.
Maka diam suami dengan istrinya hendaklah sama lamanya; sekurang-kurangnya masa pembagian itu semalam, dan sebanyak-banyaknya tiga malam. Pendek kata, wajib atas suami bersifat seadil-adilnya terhadap istri-istrinya kecuali kalau dengan ridha yang sungguh-sungguh dari pihak istri.
Sabda Rasulullah SAW:
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صلىالله عليه وسلم قال : مَنْ كَانَتْ لَهُ مَرَاتَانِ فَمَالَ اِلَى اَحَدِهُمَا دُوْنَ اْلاُخْرَى جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَشِقُّهُ مَائِلٌ {رواه احمد والاربعة}
Barang siapa beristri 2 sedangkan dia lebih mementingkan salah seorang dari keduanya, dia akan datang nanti di hari kiamat sedang pinggangnya (rusuknya) cenderung (bungkuk)”. (HR. Ahmad dan empat orang ahli hadits).[5]

KESIMPULAN
Kafa’ah dalam perkawinan itu ada yang membolehkan dan ada yang tidak setuju, menurut Ibnu Hazm pemuka madzhab zhahiriyah yang dikenal sebagai mujtahid mutlak tidak mengakui adanya kafa’ah dalam perkawinan, dan ulama Malikiyah mengakui adanya kafa’ah, tetapi menurut mereka kafa’ah hanya sifat istiqamah dan budi pekerti saja, kafa’ah bukan hanya nasab atau keturunan, bukan perusahaan atau kekayaannya.


[1] Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah 7, PT. al-Ma’arif, Bandung, 1997, hal. 36
[2] H. Idris Ahmad, Fiqih Menurut Madhab Syafi’i, Widjaya Djakarta, 1969, hal. 173-177.
[3] Agus Salim, Risalah Nikah, Pustaka Amani, Jakarta, 1989, hal. 98-99.
[4] Sayyid Sabiq, op.cit., hal. 37-50
[5] Sulaiman Rasjid, Fiqih Islam, CV. Sinar Baru, Bandung, cet. 22, 1989, hal. 364
Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.