Thursday 27 November 2014

INTERELASI NILAI JAWA DAN ISLAM DALAM ASPEK KEPERCAYAAN DAN RITUAL

Proses Akulturasi Budaya Jawa dan Islam
Proses penyebaran Islam di Jawa terdapat dua pendekatan tentang bagaimana cara yang ditempuh agar nilai-nilai Islam diserap menjadi bagian dari budaya Islam.
1.      Islamisasi kultur Jawa melalui pendekatan ini budaya Jawa diupayakan agar tampak bercorak Islam, baik secara formal maupun secara substansial
2.      Jawanisasi Islam diartikan sebagai upaya penginternalisasian nilai-nilai Islam melalui cara penyusupan ke dalam budaya Jawa.

Hubungan antara Budaya Jawa dan Islam dalam Aspek Kepercayaan
Dalam agama Islam aspek fundamental itu terumuskan dalam istilah atau keimanan yang di dalamnya terangkum hal-hal yang harus dipercayai atau di imani oleh muslim.
Dalam upaya Jawa Islam yang bersumberkan dari ajaran agama Hindu terdapat kepercayaan tentang adanya para dewata dan lain-lain. Terdapat juga kepercayaan terhadap kitab-kitab suci, orang-orang suci, roh-roh jahat dan lain-lain.
Hubungan antara Budaya Jawa dan Islam dalam Aspek Ritual
Islam mengajarkan agar para pemeluknya melakukan kegiatan-kegiatan ritualistik tertentu. Kegiatan ritualistik adalah meliputi berbagai bentuk ibadah sebagaimana yang tersimpul dalam rukun Islam.
Bagi orang Jawa, hidup ini penuh dengan upacara, baik upacara-upacara yang berkaitan dengan lingkaran hidup manusia sejak dari keberadaannya dalam perut ibu, lahir sampai dengan kematiannya.
Berkaitan dengan lingkaran hidup terdapat berbagai jenis upacara antara lain :
1.      Upacara tingkeban / mitoni
2.      Upacara kelahiran
3.      Upacara sunatan
4.      Upacara perkawinan
5.      Upacara kematian
Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.