Tuesday 25 November 2014

KORELASI ISLAM DAN JAWA DALAM BIDANG SASTRA



Fungsi Sastra
Fungsi sastra adalah mengungkapkan adanya nilai keindahan (yang indah), nilai manfaat (berguna), dan mengandung nilai moralitas (pesan moral). Suatu karya sastra dikatakan memiliki nilai keindahan karena karya sastra yang terungkap dalam sebuah prosa, puisi, ataupun drama merupakan suatu karya yang dapat dinikmati, baik bagi pembacanya (bagi prosa), pendengarnya (bagi pendengarnya) dan bagi penontonnya (bagi yang melihatnya).
Gambaran Puisi (Karya Sastra) di Indonesia, Khususnya di Jawa
Karya sastra yang berbentuk puisi dianggap sebagai karya sastra yang paling tua di Indonesia. Tidak hanya di berbagai daerah di Nusantara, juga di Jawa karya sastra yang paling tua adalah puisi (lama) yang lazim disebut mantra. Setelah mantra, muncul apa yang disebut sebagai parikan dan syair/wangsalan, dan di Jawa dikenal dengan nama “macapat” yang merupakan puisi Jawa.
Selain mantra, karya sastra yang berbentuk puisi (puisi lama) yang dikenal di Indonesia adalah pantun dan syair. Jenis-jenis puisi yang memiliki struktur yang prinsip-prinsipnya sama dengan struktur pantun dan syair. Dari tradisi budaya Jawa, karya sastra yang menyerupai pantun dan syair adalah parikan dan wangsalan.
Keterkaitan Islam dengan Karya Sastra Jawa
Istilah ‘interelasi’ (dalam topik) artinya Islam di-Jawa-kan, sedangkan Jawa di-Islam-kan. Walaupun demikian warna Islam terlihat sekali dalam substansinya, yaitu:
1.      Unsur ketauhidan
2.      Unsur kebajikan
Karya-karya Sastra Pujangga yang Menggunakan Puisi Jawa Baru
1.      Karya-karya sastra Sri Mangkunegara IV
2.      Karya-karya sastra R. Ngb. Ranggawarsito
3.      Karya-karya Susuhunan Pakubuwana IV
Keterkaitan Islam dengan Karya-karya Sastra Jawa
Keterkaitan antara Islam dengan karya-karya sastra Jawa adalah keterkaitan yang sifatnya imperative moral. Artinya keterkaitan itu menunjukkan warna keseluruhan/corak yang mendominasi karya-karya sastra tersebut. Karya-karya sastra Jawa adalah karya sastra para pujangga keraton Surakarta yang hidup pada zaman periode Jawa baru yang memiliki metrum Islam. Corak yang mendominasi karya-karya sastra Jawa baru antara lain Jihad, masalah ketauhidan, masalah moral/perilaku yang baik dan sebagainya.
Melaksanakan Jihad
1.      Masalah Jihad
Bagi setiap umat Islam, sifat dan sikap seperti yang dimiliki seorang prajurit sangat diperlukan dalam menghadapi era globalisasi dan membentuk manusia Indonesia dari abad millennium baru, sifat dan sikap tersebut yang nantinya akan mampu melahirkan sumber daya manusia yang handal dan memiliki kemampuan daya saing yang tinggi (profesionalisme).
2.      Mendekatkan diri kepada Tuhan
Bagi setiap orang Islam hendaknya selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, apabila seseorang selalu mendekatkan diri kepada-Nya tentu akan diberikan petunjuk-Nya. Sebaliknya, orang yang tidak mendekatkan diri kepada-Nya tentu akan jauh dari jalan kebaikan (petunjuk-Nya) sehingga akan mudah tersesat dalam hidupnya.
3.      Memiliki Moral yang Baik (sifat / perbuatan terpuji)
Setiap muslim hendaknya memiliki perilaku akhlaqul karimah, karena dengan perilaku akhlaqul karimah seseorang akan terhindar dari perilaku yang jahat, dan perilaku jahat itu pada hakikat-Nya merupakan perilaku setan / iblis yang selalu dikutuk Tuhan.
Karya-karya Sastra Jawa Kontemporer yang Islami
Karya-karya Jawa kontemporer (zaman kemerdekaan) sulit untuk ditemukan, karena kebanyakan pembuat puisi masih enggan untuk mencipta puisi yang Islami. Kebanyakan mereka itu membuat karya-karya sastra yang lebih bersifat njawani.
Walaupun demikian, masih ada penyair yang mengungkapkan ide-idenya lewat tembang macapat dengan warna Islami seperti contoh berikut ini:
1.      Bektiya mring pangeran, tembang : pucung;
2.      Bektiya marang wong tuwamu”, tembang : gambuh


Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.