Monday 1 December 2014

PENANGANAN JENAZAH

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Terhadap Orang Mati
  1. Matanya hendaklah dipejamkan (ditutupkan), menyebut yang baik, mendoakan dan memintakan ampun atas dosanya
  2. Seluruh badannya hendaklah ditutup dengan kain. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan kepadanya dan supaya tidak terbuka auratnya
  3. Tidak ada halangan untuk mencium mayat bagi keluarganya atau sahabat-sahabatnya yang sangat sayang dan berduka cita karena kematiannya.
  4. Ahli mayat yang mampu hendaklah segera membayar hutang si mayat jika ia berutang, baik dibayar dari harta peninggalannya ataupun dari pertolongan keluarga sendiri.

Beberapa kewajiban yang berhubungan dengan mayat
Apabila seorang muslim meninggal, maka fardhu kifayah atas orang hidup menyelenggarakan 4 perkara :
1.      Memandikan Mayat
Syarat wajib mandi :
  • Mayat orang Islam
  • Ada tubuhnya walaupun sedikit
  • Mayat itu bukan mati syahid (mati dalam peperangan untuk membela agama Allah)
Cara memandikan mayat: sebaiknya mayat diletakkan di tempat yang tinggi; seperti ranjang, di tempat yang sunyi, berarti tidak ada orang yang masuk ke tempat itu selain orang yang memandikan dan orang yang menolong mengurus keperluan yang bersangkutan dengan mandi, pakaiannya diganti dengan kain basahan supaya auratnya tidak mudah terlihat. Sesudah diletakkan di atas ranjang, kemudian di dudukkan dan punggungnya disandarkan pada sesuatu, perutnya disapu dengan tangan dan di tekankan sedikit supaya kotorannya keluar dengan menggunakan air dan wangi-wangian, setelah itu mayat di telentangkan, lalu dicebokkan dengan tangan kiri, sesudah cebok, lalu anak jari kiri dimasukkan ke mulur, di gosok giginya, dibersihkan mulutnya dan diwudhukan.
Air untuk mandi mayat sebaiknya air dingin dan memakai sabun atau yang sejenisnya, kecuali untuk membasuh yang penghabisan. Air pembasuh penghabisan sebaiknya dicampur dengan kapur barus atau wangi-wangian yang lain.
Yang berhak memandikan mayat : kalau mayatnya laki-laki, yang memandikannya hendaklah laki-laki, perempuan tidak boleh memandikan mayat laki-laki kecuali istri dan muhrimnya. Sebaliknya jika mayatnya perempuan, yang memandikannya hendaklah perempuan, laki-laki tidak boleh memandikan mayat peremuan kecuali suami dan mahramnya.
2.      Mengkafani Mayat
Hukum mengkafani mayat adalah fardu kifayah atas orang yang hidup. Kafan sekurang-kurangnya selapis kain yang menutupi seluruh badan mayat, baik laki-laki maupun perempuan. Sebaiknya untuk laki-laki tiga lapis kain, tiap-tiap lapis menutupi seluruh badannya.
Cara mengkafani : dihamparkan sehelai-sehelai dan di atas tiap-tiap lapis ditaburkan wangi-wangian, lalu mayat diletakkan di atasnya. Kedua tangannya diletakkan di atas dadanya, tangan kanan di atas tangan kiri atau kedua tangannya diluruskan menurut lambung. Mayat perempuan sebaiknya dikafani dengan lima lembar kain, yaitu basahan, baju, tutup kepala, kerudung, dan kain yang menutupi seluruh badannya.
Cara mengkafani : mula-mula dipakaikan kain basahan, baju, tutup kepala, lalu kerudung, kemudian dimasukkan ke dalam kain yang menutupi seluruh badannya, diantara beberapa lapisan kain tadi sebaiknya diberi wangi-wangian seperti kapur barus, kafan itu sebaiknya adalah kain putih bersih.
3.      Menyalatkan Mayat
Sabda Rasulullah SAW :
صَلُّوْا عَلَى مَوْتَاكُمْ {رواه ابن ماجه}
Artinya : “Shalatkanlah olehmu orang-orang yang mati
Syarat menyalatkan mayat :
a.       Syarat-syarat shalat yang menjadi syarat shalat mayat seperti menutup aurat, suci badan, dan pakaian, menghadap ke kiblat
b.      Dilakukan sesudah mayat dimandikan dan dikafani
c.       Letak mayat disebelah kiblat orang yang menyalatkan.
Rukun menyalatkan mayat :
-          Niat
-          Takbir 4 kali dengan takbiratul ihram
-          Membaca fatihah sesudah takbiratul ihram
-          Membaca shalawat atas Nabi Saw sesudah takbir kedua
-          Mendoakan mayat sesudah takbir ketiga
اَللّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَأفِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
-          Mendoakan mayat sesudah takbir keempat
اَللَّهُمَّ لاَتَحْرِمْنَااَجْرَهُ وَلاَتَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَاوَلَهُ
-          Berdiri jika mampu
-          Memberi salam
Imam dan orang yang shalat sendiri disunatkan berdiri diarah kepala mayat laki-laki atau di arah pinggang mayat perempuan.
Mati syahid ialah orang yang terbunuh dalam peperangan melawan orang kafir untuk menjunjung tinggi agama Allah. Orang yang mati syahid tidak dimandikan, tidak disalatkan dan cukup dikafani dengan pakaian yang berlumur darah.
Syahid terbagi atas 3 bagiam, yakni :
-          Syahid dunia dan akhirat
-          Syahid dunia saja yaitu orang yang mati dalam peperangan melawan orang kafir, tetapi bukan karena menjunjung tinggi agama Allah, melainkan karena sebab-sebab yang lain.
-          Syahid akhirat saja, yaitu mati teraniaya, mati terkejut, mati karena penyakit kolera, mati tenggelam, mati tertempa sesuatu, mati kebakaran atau mati dalam belajar agama Allah (dalam mencari ilmu)
4.      Menguburkan Mayat
Kewajiban yang keempat terhadap mayat ialah menguburkan. Hukum menguburkan mayat adalah fardu kifayah atas yang hidup. Dalamnya kuburan sekurang-kurangnya kira-kira tidak tercium bau busuk mayat dari atas kubur dan tidak dapat dibongkar oleh binatang buas. Maksud menguburkan mayat ialah untuk menjaga kehormatan mayat dan menjaga kesehatan orang-orang yang ada di sekitar tempat tersebut.
Lubang kubur disunatkan memakai lubang lahat kalau tanah perkuburan itu keras, tetapi jika tanah pekuburan tidak kerasm mudah runtuh, maka lebih baik dibuat lubang tengah.
Sesampainya mayat dikuburan, kepala hendaklah diletakkan di sisi kaki kuburan, lalu diangkat ke dalam lahat atau lubang tengah, dimiringkan ke sebelah kananya dihadapkan ke kiblat. Ketika meletakkan mayat ke dalam kubur disunatkan membaca
بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُوْ لِ اللهِ
Beberapa sunat yang bersangkutan dengan kubur :

  • Ketika memasukkan mayat ke dalam kubur, sunat menutupi bagian atasnya dengan kain atau yang lain kalau mayat itu perempuan
  • Kuburan itu sunat ditinggikan kira-kira sejengkal dari tanah biasa, agar diketahui
  • Kuburan lebih baik didatarkan daripada dimunjungkan
  • Menandai kuburan dengan batu atau yang lain disebelah kepalanya
  • Menaruh kerikil di atas kuburan
  • Meletakkan pelepah yang basah di atas kuburan
  • Menyiram kuburan dengan air
  • Sesudah dikuburkan, orang yang mengantarkan disunnatkan berhenti sebentar untuk mendoakan.

Larangan yang bersangkutan dengan kuburan

  • Menembok kuburan
  • Duduk di atas kuburan
  • Membuat rumah di atas kuburan
  • Membuat tulisan di atas kuburan
  • Membuat perkuburan menjadi masjid.

Membongkar kuburan hukumnya haram, karena akan merusak kehormatan mayat, kecuali kalau terjadi beberapa hal seperti : mayat yang di kubur belum dimandikan, tidak dikafani, tidak dishalatkan, tidak menghadap ke kiblat, dikuburkan di tanah yang dirampas atau dibungkus dengan kain yang dirampas, sedangkan yang punya minta dikembalikan atau ke dalam kuburan terjatuh suatu barang yang berharga, kuburan boleh dibongkar selama mayat belum membusuk.
Takziyah (Melayat)
Melayat ahli mayat sunat dalam 3 hari sesudah ia meninggal dunia, yang lebih baik ialah sebelum dikuburkan. Tujuan untuk takziyah adalah menganjurkan ahli mayat supaya sabar, jangan berkeluh kesah, mendoakan mayat supaya mendapat ampunan dan supaya malapetaka berganti dengan kebaikan. Ahli mayat hendaklah sabar atas kedukaannya serta menyerahkan hanya kepada Allah SWT. Firman Allah :
الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ  أُولَـئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ
Memberi makan ahli mayat hendaklah dilakukan oleh kaum kerabat, tetangga, sahabat, dan handai taulan mayat, karena ahli mayat sedang dalam keadaan kalut, belum sempat mengurus makanan mereka sendiri.
Ziarah kubur bagi laki-laki hukumnya sunat, sedangkan bagi perempuan hukumnya makruh, karena tabiat perempuan lemah hati dan suka susah, dikhawatirkan akan mencukurkan air mata dan akan berkeluh kesah serta berduka cita sehingga lupa akan kekuasaan Allah. Orang yang menziarahi kubur disunatkan memberi salam kepada ahli kubur dan mendoakan ahli kubur.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Featured post

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Faktor Keturunan ( hereditas ) Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartik...

Popular Posts

Pageviews

Powered by Blogger.